Menggali Hikmah Lewat Tafakkur

Adanya pandemi ini membuat perubahan perilaku dan ibadah yang dilakukan akhirnya berbeda dengan sangat signifikan. Itulah yang membuat kita perlu mensyukuri seluruh hidup, dengan cara salat dan berkorban. Dengan meningkatkan kedua hal ini dengan baik maka akan bisa meraih kebahagiaan dunia dan akhirat secara seimbang.

“Maka apabila kamu telah selesai , kerjakanlah dengan sungguh-sungguh yang lain”, demikian Allah menjelaskan dalam kalimat-Nya, Al-Insyirah ayat 7. Kita yang sekarang ini diberikan oleh Allah amanah untuk mengelola pondok pesantren MBS harus mencontoh dan mengambil hikmah dari keluarga Nabi Ibrahim. Pendidikan yang terbaik adalah pendidikan yang berbasisi keteladanan.

Jika ada yang bisa melewati angka 70 tahun, itu adalah “bonus”, yang justru harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk menghadapi “kehidupan” berikutnya. Dengan merebaknya wabah ini, menuntut kita untuk menjaga diri tidak melakukan kontak secara langsung khususnya dengan yang bukan mahrom. Populasi udara di jalan-jalan raya menurun, udara menjadi bersih dan sehat karena masyarakat diharuskan berdiam diri didalam rumah. Dan kita sebagai ummatnya yang beriman dan mempercayai adanya Qodho dan Qodar, kita harus mencari tahu hikmah atas segala apa yang sudah Allah takdirkan dan melihatnya dengan kacamata keimanan yang kita miliki. Kamu akan semakin cermat dalam mengambil setiap keputusan atau langkah hidup. Karena di fase ini kamu juga akan dilatih untuk menjadi pribadi yang lebih matang.

Pada Sila keempat menyatakan bahwa kerakyatan dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan. Pernyataan ini secara eksplisit telah mengamatkan kepada bangsa Indonesia agar mengedepankan musyawarah. Dalam melaksanakan amanat tersebut, lembaga permusyawaratan dihidupkan pada semua jenjang/strata sosial dan negara. Lembaga permusyawaratan diberi wewenang untuk merumuskan hukum yang terbaik bagi komunitasnya dan penerapannya dalam bermusyawarah harus senantiasa memperhatikan prinsip-prinsip dan etika yang tercakup dalam Pancasila. Asas ini antara lain diwujudkan dalam pemberian jaminan sosial dan lembaga negara yang bergerak di bidang sosial yang menyelenggarakan masalah-masalah sosial dalam negara. Pancasila sebagai dasar negara, hal ini berarti bahwa setiap tindakan rakyat dan Negara Indonesia harus sesuai dengan Pancasila.

Sistem belajar berkonsep terhubung dari rumah itu juga mendorong para orangtua untuk ikut aktif terlibat memastikan putra-putrinya mendapatkan materi pelajaran secara efektif. Pengamat Pendidikan Universita Muhammadiyah Surakarta Prof. Dr. Harun Joko, M.Hum menilai dampak positif pembelajaran daring adalah meningkatnya literasi IT. Sejak diberlakukannya PSBB, sistem belajar juga ikut berubah dan beralih ke pembelajaran daring. Beberapa kali mereka terlihat asyik menghabiskan hari-hari dengan melakuakn seni dan kerajinan.

Tetap bersabar, berkarya, dan berprestasi di masa pandemi Covid-19,” tuturnya. Ketiga, dengan Ramadhan Allah mengajarkan bahwa agar tujuan puasa Ramadhan dapat tercapai kita harus memiliki kedisiplinan dan kejujuran. Tanpa kedisiplinan dan kejujuran maka tujuan puasa Ramadhan tidak akan tercapai.

Sebuah hal yang bisa kita ambil hikmahnya

Secara historis, Pancasila diambil dari budaya bangsa Indonesia sendiri, sehingga mempunya fungsi dan peranan yang sangat luas dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Untuk grocery store, pasar tradisional, toko kelontong, dan pasar swalayan yang menjual kebutuhan sehari-hari dibatasi jam operasional sampai pukul 20.00 waktu setempat, dengan kapasitas pengunjung 50 persen. Sesuai dengan tema Hardiknas 2020, yaitu Belajar dari Covid-19, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan , Nadiem Anwar Makarim, mengajak seluruh insan pendidikan di tanah air mengambil hikmah dan pembelajaran dari krisis Covid-19. Krisis kesehatan membukakan kenyataan bahwa yang terpenting adalah menjaga daya tahan tubuh dengan melakukan pola hidup sehat. Selalu menjaga kebersihan diri juga lingkungan, olahraga dan istirahat yang cukup serta makan makanan dengan gizi seimbang.

Hal tersebut Nabi diminta untuk menanggalkan pakaian jahiliyah yang kadang membanggakan standing sosial, keturunan. Wahyu al-Quran yang turun merupakan solusi umat yang diberikan secara bertahap. Contohnya dalam masalah penghapusan beberapa tradisi Arab seperti minum-minuman keras. Lebih lanjut, Kiai Mukti menjelaskan bahwa kisah Nabi Ibrahim saat mendapatkan perintah lagi dari Allah agar menggantikan anaknya dengan seekor domba untuk disembelih menjadi dasar disyariatkannya ibadah kurban.

Sejak saat itu pula Pancasila digunakan sebagai nama dari dasar falsafah negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia, meskipun untuk itu terdapat beberapa tata urut dan rumusan yang berbeda. Untuk sektor esensial diberlakukan 50 persen maksimum staf work from office dengan protokol kesehatan, dan untuk sektor kritikal diperbolehkan one hundred persen maksimal staf work from workplace dengan protokol kesehatan. Cakupan sektor esensial meliputi keuangan dan perbankan, pasar modal, sistem pembayaran, teknologi informasi dan komunikasi, perhotelan non-penanganan karantina, serta industri orientasi ekspor. Dunia pendidikan tetap diminta untuk melakukan proses belajar mengajar secara daring . Dunia kerja khususnya sektor esensial diberlakukan 50 persen maksimum staf Work From Office . Sektor non-esensial diminta menerapkan one hundred persen Work From Home .

Banyak di antara mereka yang mulai sadar akan pentingnya membuang sampah di tempat yang semestinya. Mereka tidak ingin bencana tersebut hadir untuk ke sekian kalinya. Tapi ingat, perjuangan keras yang Anda lakukan untuk tetap survive akan membuat hidup Anda lebih kuat dan berhak “naik kelas”. Semakin keras ujian yang Anda hadapi, maka semakin tinggi “kelas” kehidupan Anda. Hidup Anda akan lebih bernilai setelah melewati semua rintangan dan ujian tersebut. Saat mulai bekerja pun Anda akan berhadapan dengan kondisi lingkungan pekerjaan yang tidak pernah dibayangkan.