Bea Cukai Dukung Dan Dorong Ekspor Industri Kecil Dan Menengah

Yang disasar adalah industri berdaya saing world, jasa pariwisata bertaraf internasional, jasa pendidikan dan kesehatan, serta ekonomi digital. Oleh karena itu, setelah memiliki daya dukung yang optimum terhadap ekspansi kredit ke UMKM, Bank BPD DIY perlu mengelola kesiapan sumber daya manusianya. Setiap financial institution sebenarnya telah memiliki kompetensi dan expertise-nya sendiri-sendiri. Seperti halnya bank-bank berskala besar yang berfokus pada sektor korporasi memiliki kompetensi pada sektor tersebut, demikian pula dengan bank yang berfokus menggarap sektor UMKM. Melakukan switching ke segmen pasar yang tidak dikuasainya membutuhkan upaya yang tidak mudah, sehingga kita banyak melihat financial institution yang gagal mencoba memasuki segmentasi pasar yang baru. Nah, Bank BPD DIY sebenarnya telah cukup teruji memiliki expertise untuk menekuni sektor UMKM.

Untuk membangkitkan kembali kondisi ini diperlukan solusi mitigasi dan pemulihan. Langkah mitigasi prioritas jangka pendek adalah dengan menciptakan stimulus pada sisi permintaan dan mendorong platform digital untuk memperluas kemitraan. Upaya lainnya yaitu melalui kerjasama dalam pemanfaatan inovasi dan teknologi yang dapat menunjang perbaikan mutu dan daya saing produk, proses pengolahan produk, kemasan dan sistem pemasaran serta lainnya.

Membuat sebuah fasilitas untuk mendukung UMKM

Tariff untuk perhitungan norma ini berdasarkan wilayah yang sudah dikelompokan oleh DJP, kita dapat mengetahui secara rinci untuk ketentuan Penggunaan Norma pernghitungan Penghasilan Neto di PER 17 Tahun 2015. Dengan adanya Norma Penghitungan Penghasilan Neto ini diharapkan membantu para UMKM yang tidak mampu menyelenggarakan pembukuan. Setelah jangka waktunya berakhir, wajib pajak yang menikmati fasilitas ini tidak bisa menggunakan PP23 lagi melainkan menggunakan tariff regular sesuai UU Nomor 36 Tahun 2008 pasal 17 tarif progresif.

Tiko menilai, BUMN perlu dikerahkan dalam riset karena pelaku UMKM acap kali tak punya kemampuan meriset pasar global sehingga barang yang dipasarkan tidak diminati. Namun jika diakomodasi riset pasar oleh BUMN, UMKM bisa menyesuaikan produksinya. Menteri UMKM dan Koperasi RI Teten Masduki juga menyebut, perlunya UMKM menyasar pasar internasional untuk menyokong perekonomian nasional. Tiko, panggilan akrab Kartika mengakui, perusahaan BUMN yang bergerak di bidang pembiayaan nantinya juga turut serta dalam menyokong pembinaan danpengembangan UMKM melalui platform PaDi UMKM ini. Di Hari Nasional Usaha Mikro Kecil dan Menengah pada 12 Agustus lalu, Kementerian Badan Usaha Milik Negara menyatakan dukungan penuhnya untuk kesejahteraan para pelaku bisnis UMKM.

Ketentuan ini juga mengatur denda dan sanksi jika Anda terlambat mengembalikan modal usaha atau melakukan pelunasan pinjaman. Ketika ingin mengembangkan suatu usaha, hal pertama yang harus dilakukan adalah merencanakan dana yang dibutuhkan dalam pengelolaan pengembangan usaha. Anda harus merancang secara rinci agar dapat dikalkulasi ketika akan meminjam dana ke pihak lain. Pada umumnya, investor akan menyalurkan dana jika UKM memenuhi tiga faktor utama, yakni manajemen yang kuat, pasar yang besar dan berpotensi, serta produk atau servis unik yang memiliki daya saing mumpuni. Umumnya, modal diberikan untuk merekrut lebih banyak anggota, riset pasar tambahan, dan memaksimalkan produk.

Dijelaskan oleh Sigit, alasan memilih fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor karena jika masuk ke pasal yang lain kurang cocok. Setelah ditelaah lebih lanjut, saat di mana industri dan perdagangan melemah ternyata masih ada sektor yang bertahan, bahkan hampir tidak terpengaruh, yaitu Sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah . Sementara pemasaran oleh penyelenggara pameran wirausaha lokal, nasional, maupun internasional akan dilakukan paling sedikit empat kali dalam setahun. Pemasaran produk peserta oleh Perangkat Daerah Penyelenggara Jakpreneur akan dilakukan minimal 12 kali dalam satu tahun.

Menyadari pentingnya digitalisasi, Kepala Ekonom PT Bank Negara Indonesia Tbk Ryan Kiryanto mengungkapkan, BNI kian memantapkan langkah transformasi menjadi perbankan digital, termasuk di antaranya membuat Program Klaster bagi para pelaku UMKM. Kisah sukses Program Klaster BNI ini dicatat dalam buku bertajuk “Inovasi Pengembangan UMKM melalui Klaster Binaan Unggulan”. Langkah nyata yang BNI lakukan dalam digitalisasi layanan bagi UMKM dilakukan dalam bentuk pengembangan teknologi informasi pendukung diantaranya digital loan processing. Bagi kamu yang masih mencari lokasi usaha atau ingin berpindah tempat, coba cermati program pemerintah yang satu ini.