4 Cara Mempertahankan Kesuksesan Bisnis Dalam Segala Kondisi

Namun sayangnya, tidak semua pengusaha mampu mencapapai kesuksesan. Tidak sedikit pengusaha yang mengalami kegagalan ketika membangun bisnisnya. Bahkan beberapa diantara mereka sudah belajar cara-cara sukses, suggestions sukses, atau bahkan mengikuti seminar bisnis. Persoalan utama yang umum dialami oleh pebisnis pemula adalah wawasan atau pengetahuan bisnis yang kurang matang dan sempurna. Sering kali para pebisnis pemula tidak memiliki banyak pengetahuan tentang dasar-dasar pengetahuan bisnis. Padahal ini merupakan investasi utama yang sangat berharga untuk keberlangsungan bisnis.

Produk yang langka bukan hanya ‘barang’ yang tersedia secara terbatas. Menurut Gibran seperti yang dilansir dari Kompas.com, kamu yang ingin memulai bisnis tidak boleh memiliki keraguan. Kamu harus berani mengambil risiko kegagalan jika benar-benar ingin memulai. Hanya saja dalam melakukan hal tersebut, kamu harus benar-benar mempertimbangkan berdasarkan fakta, bukan perasaan.

Kesuksesan bisnis

Namun, ini tidak menghentikan semangat Chairul untuk menjadi seorang pebisnis. Bahkan, Nadiem mengembangkan layanan yang disediakan Gojek agar lebih diverse seperti GoFood, GoPay, GoPlay, dan lainnya. Bahkan, pengusaha berusia 35 tahun ini sekarang bisa membuat Gojek sebagai bisnis unicorn pertama di Indonesia. Sedikit yang paham bahwa perjalanan yang ditempuh oleh para pebisnis sangat berat. Berikut ini adalah kisah sukses 10 pengusaha yang memulai bisnis mereka dari nol.

Memperhatikan dan menerapkan 10 tips ini akan membantu menemukan jalan yang mudah menuju kesuksesan. Dengan mengenal industri bisnis dan pelanggan maka Anda telah memegang kunci sukses. Pendiri Zappos, Tony Hsieh, mengatakan jangan bermain gim yang tidak dimengerti, terutama jika tidak menghasilkan uang. Pendiri Wendy’s, Dave Thomas, juga mengatakan jika mengenal pelanggan, maka Anda dapat memberikan pelayanan dan solusi yang terbaik.

Jangan cuma berbisnis karena ikut-ikutan tren yang ada dengan bayangan keuntungan yang menggiurkan. Sebab kalau kamu tidak memahami apa yang dikerjakan, hasilnya juga akan percuma. Lebih baik melakukan apa yang kamu tahu dan suka karena bisnis yang dibangun dengan pengetahuan dan bakat akan memiliki potensi untuk sukses. Pengusaha yang sukses tidak pernah hanya mengangan-angankan tujuan yang besar, tanpa diiringi dengan usaha untuk mencapainya. Seorang pengusaha sukses memandang bahwa nasib mereka tidak bisa berubah tanpa mereka sendiri yang berusaha. Seseorang dengan jiwa pengusaha sukses pasti akan terus berusaha untuk merealisasikan tujuanya.